logo
sidebar
The world's mostpowerful website builder.

Insight

Machine Learning
Mengapa Machine Learning Adalah Masa Depan Bisnis Anda

“Data is the new oil.” Richard Titus, CEO AND, 2010


Kutipan singkat ini sangat penuh makna di mana Machine Learning menjadi salah satu Emerging Technology yang mengubah persaingan dunia usaha menjadi lebih komplek dimana Machine Learning dengan suatu model mengubah data menjadi informasi yang penting bagi perusahaan.

Tantangan awal yang dihadapai sebuah perusahaan saat akan mulai menggunakan Machine Learning antara lain, belum adanya seorang Data Scientist, belum mengetahui metode atau peran apa saja dari Machine Learning untuk mengolah dataset menjadi informasi dan algoritma terbaik apa yang digunakan di Machine Learning.

Machine Learning

Machine Learning adalah aplikasi dari cabang disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang menggunakan teknik statistika untuk menghasilkan suatu model otomatis dari sekumpulan data (dataset), dengan tujuan memberikan komputer kemampuan untuk “belajar”. Pembelajaran mesin atau machine learning memungkinkan komputer mempelajari dataset (learn from data) sehingga dapat menghasilkan suatu model untuk melakukan proses input-output tanpa harus membuat program yang dibuat secara eksplisit.

Proses belajar tersebut menggunakan algoritma khusus yang disebut Machine Learning Algorithms yang terdapat banyak spesifikasi kasus yang berbeda-beda.

Metode yang digunakan algoritma Machine Learning

  1. Supervised Machine Learning Algorithms
  2. Supervised machine learning adalah algoritma machine learning yang dapat menerapkan informasi yang telah ada pada data dengan memberikan label tertentu, misalnya data yang telah diklasifikasikan sebelumnya (terarah). Algoritma ini mampu memberikan target terhadap output yang dilakukan dengan membandingkan pengalaman belajar di masa lalu.

  3. Unsupervised machine learning algorithms
  4. Unsupervised machine learning adalah algoritma machine learning yang digunakan pada data yang tidak mempunyai informasi yang dapat diterapkan secara langsung (tidak terarah). Algoritma ini diharapkan mampu menemukan struktur tersembunyi pada data yang tidak berlabel.

  5. Semi-supervised machine learning algorithms
  6. Semi-supervised machine learning adalah algoritma yang digunakan untuk melakukan pembelajaran data berlabel dan tanpa label. Sistem yang menggunakan metode ini dapat meningkatkan efesiensi output yang dihasilkan.

Peran Machine Learning

5 peran Machine Learning dapat mengubah data menjadi informasi yang penting bagi perusahaan yaitu Estimasi, Prediksi, klasifikasi, Klastering dan Asosiasi atau disebut sebagai EPKKA di mana penjelasannya adalah sbb:

  1. Estimasi
  2. Proses untuk menemukan pola dari data dengan menggunakan beberapa variabel untuk memprediksikan variabel lain yang tidak diketahui jenis atau nilainya dan lebih ke arah numerik dari pada ke arah kategori. Model dibangun menggunakan record lengkap yang menyediakan nilai dari variabel target sebagai nilai prediksi.

  3. Prediksi
  4. Proses untuk menemukan pola dari data dengan menggunakan beberapa variabel untuk memprediksikan variabel lain yang tidak diketahui jenis atau nilainya akan tetapi data diklasifikasikan berdasarkan perilaku atau nilai yang diperkirakan pada masa yang akan datang.

  5. Klasifikasi
  6. Klasifikasi merupakan proses menemukan sebuah model atau fungsi yang mendeskripsikan dan membedakan data ke dalam kelas-kelas. Klasifikasi melibatkan proses pemeriksaan karakteristik dari objek dan memasukkan objek ke dalam salah satu kelas yang sudah didefinisikan sebelumnya.

  7. Klustering
  8. Klustering merupakan pengelompokan data tanpa berdasarkan kelas data tertentu ke dalam kelas objek yang sama. Sebuah cluster adalah kumpulan record yang memiliki kemiripan suatu dengan yang lainnya dan memiliki ketidakmiripan dengan record dalam kluster lain. Tujuannya adalah untuk menghasilkan pengelompokan objek yang mirip satu sama lain dalam kelompok-kelompok. Semakin besar kemiripan objek dalam suatu cluster dan semakin besar perbedaan tiap cluster maka kualitas analisis cluster semakin baik.

  9. Asosiasi
  10. Proses ini digunakan untuk menemukan suatu hubungan yang terdapat pada nilai atribut dari dataset.

Peran Machine Learning

  1. Online Fraud Detection
  2. Online fraud detection adalah metode yang digunakan untuk mendeteksi suatu transaksi digital sah atau tidak. Online fraud detection digunakan oleh semua bank baik bank umum maupun bank virtual seperti paypal. Online fraud detection menggunakan machine learning untuk melakukan perlindungan (cybersecurity) terhadap pencucian uang, pendeteksian transaksi palsu, hingga deteksi pembobolan akun bank digital.

  3. Rekomendasi Produk Marketplace
  4. Perkembangan teknologi menyebabkan penggunaan marketplace semakin diminati baik dari sisi penjual dan pembeli. Hampir semua orang menggunakan marketplace, misalnya Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Tiap detik bisa dipastikan terjadi transaksi antar pedagang dan pembeli. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, setiap akun perlu menampilkan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat pembelian pembeli. Untuk melakukan ini secara otomatis dan real time, tentunya machine learning sangat menentukan keakuratan rekomendasi produk tiap pembeli di akunnya.

  5. Penyaring Pesan Spam
  6. Machine learning memegang andil yang sangat besar untuk melakukan penyaringan (filter) spam baik di email, website, hingga media komunikasi berbasis software. Algoritma pohon keputusan (decision tree) merupakan cikal bakal dari algoritma spam filtering, untuk menentukan suatu pesan termasuk spam atau bukan.

  7. Pengalaman Pengguna Sosial Media
  8. Tidak bisa dipungkiri, walaupun tidak dapat mengalahkan mesin pencari sebagai situs terpopuler. Sosial media merupakan situs yang paling lama diakses oleh penggunanya berdasarkan data Alexa. Sosial media seperti Facebook dan Twitter menggunakan machine learning sehingga penggunanya betah untuk terus melihat layar gadget. Berikut beberapa peningkatan pengalaman pengguna yang merupakan aplikasi dari machine learning.

Dalam artikel berikutnya akan di berikan studi kasus atas Peran Machine Learning dari Estimasi hingga Asosiasi demikian juga Manfaat dari Machine Learning.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut atas Layanan Machine Learning, Data Science, Data Engineering, Business Intelligence, Data Warehouse, Data Governance, ijinkan team Data Management dari Multimatics untuk dapat mempresentasikan lebih mendalam.

Multimatics siap membantu perusahaan anda melakukan pengolahan data aset menggunakan Penggunaan Machine Learning juga akan dikombinasikan dengan good practices dari pengalaman kami selama ini di beberapa perusahaan besar terkemuka di Indonesia sehingga perusahaan anda dapat bersaing dan memenangkan pertarungan di tengah kompetisi usaha yang sangat kompleks ini.


Share This On :

Visit Our Office

AXA Tower 37th Floor
Jln. Prof. Dr. Satrio Kav.18 Setiabudi, Kuningan
South Jakarta, 12940 Indonesia

Let's Talk

Phone: +6221 300 56 123
Fax: +6221 300 56 124

Social Media

Instagram: @multimatics
Facebook: Multimatics_ID
LinkedIn: Multimatics ID